Jumat, 28 Februari 2014

SUB BIDANG PEKERJAAN DI PERUSAHAAN TAMBANG

Pertambangan batubara secara langsung membutuhkan banyak pekerja dalam rentang gaji dan jenis pekerjaan yang luas. Posisi dapat digolongkan menjadi empat kategori umum:
  • Ilmuan bumi dan lingkungan;
  • Teknisi;
  • Operator, dan
  • Administrasi dan pemasaran.
Ilmuan Bumi dan Lingkungan
Peran mereka adalah untuk menemukan lapisan batubara dan memastikan proses pertambangan dilakukan dengan meminimalkan dampak lingkungan.

Ahli geologi menemukan dan mengevaluasi tambang batubara. Mereka mengidentifikasi cadangan batubara dengan menggunakan pengeboran dan teknologi canggih dalam dunia geofisika, dan dengan menciptakan model komputer canggih tiga dimensi yang menentukan bentuk, ukuran dan kualitas lapisan batubara yang akan ditambang. Mereka kemudian memberikan informasi guna meningkatkan efisiensi pertambangan dan pengolahan batubara, dengan terus menjaga kualitas produk.

Spesialis Lingkungan memiliki tingkat pendidikan pasca-sarjana menengah dalam ilmu biologi, tanah, pertanian atau kehutanan.

Mereka membantu industri batubara mengikuti standar dunia yang tinggi di bidang lingkungan. Pekerjaan mereka berfokus untuk melindungi tanah dan satwa liar, serta pemantauan kualitas air dan udara.

Spesialis lingkungan terlibat sangat erat di sepanjang siklus pertambangan secara keseluruhan. Mereka menganalisis rencana pembangunan untuk mengidentifikasi potensi dampak terhadap satwa liar, vegetasi, air, udara, tanah, dan masyarakat sekitar. Mereka juga memantau operasi untuk memastikan bahwa standar lingkungan terpenuhi. Akhirnya, mereka bekerja untuk mengembalikan (rehabilitasi) setiap lokasi tambang ke keadaan yang produktif untuk rekreasi pertanian, kehutanan, habitat satwa liar, dan penggunaan lainnya.

Teknisi
Profesional di bidang layanan teknis termasuk diantaranya adalah insinyur dan spesialis sistem informasi. Mereka bekerja untuk memaksimalkan keselamatan tambang, efisiensi proses dan produksi dengan menerapkan teknologi terbaru. Insinyur industri batubara mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti pertambangan, teknik elektro, mesin, sipil dan komputer.

Insinyur secara langsung terlibat dalam semua tahap penambangan dan operasional teknis. Sebelum proses dimulai, insinyur mengevaluasi model geologi untuk kelayakan teknis dan ekonomi. Mereka mengembangkan rencana untuk pertambangan dan penanganan bahan, dan proses untuk mengekstraksi, pemuatan dan pengangkutan batubara. Mereka mendesain jalan raya, sistem tenaga dan fasilitas pengolahan. Para insinyur ini kemudian mengintegrasikan semua operasi ini dengan rencana reklamasi dan pengelolaan kualitas air dan udara. Sepanjang umur tambang, insinyur bertanggung jawab untuk memantau dan menilai semua kegiatan konstruksi dan produksi.

Insinyur juga berpartisipasi dalam penelitian, pemeliharaan peralatan, pemasaran, manajemen dan proses persetujuan peraturan.

Spesialis Sistem Informasi bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengelola dan mengatur informasi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas dan efisiensi dalam industri batubara. Mereka bekerja di lokasi tambang atau di kantor perusahaan.

Sistem informasi personil cenderung mengkhususkan diri dalam sistem teknis atau komersial. Kelompok teknis menginstal dan memelihara perangkat keras komputer dan melakukan layanan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi seperti perencanaan tambang, pengiriman peralatan dan survei. Kelompok komersial memiliki spesialisasi dalam akuntansi dan administrasi.

Operasional
operator dragline,
salah satu jenis pekerjaan di tambang batubara
Karyawan operasional, para pekerja garis depan di lokasi tambang, masuk ke dalam tiga kategori besar:
  • Operator Peralatan;
  • Pekerja Terampil, dan
  • Pengawas.
Operator Peralatan menjalankan alat berat yang digunakan untuk mengambil, memuat dan mengangkut batubara. Peralatan ini termasuk dragline, shovel, pencakar, buldoser dan truk angkut. Dalam fasilitas pengolahan batubara, tenaga khusus yang bekerja di ruang kontrol otomatis memantau dan mengontrol peralatan yang digunakan untuk menghancurkan, mencuci dan mengeringkan batubara. Mereka juga bertanggung jawab untuk memuat batubara ke dalam unit kereta.

Pekerja Terampil -termasuk mekanik elekronik, mekanik berat dan tukang las- sangat penting untuk operasi setiap tambang. Pekerja terampil harus mendapatkan pelatihan dari perguruan tinggi dalam hubungan dengan kegiatan kerja mereka, -tugas mekanika, tukang las, listrik, dan teknis-. Kontribusi mereka sangat penting, industri batubara sering bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk memastikan bahwa program-program pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di industri pertambangan.

Secara tradisional, posisi Pengawas Pertambangan diisi oleh operator dan pekerja trampil yang dipromosikan karena mereka telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan memiliki keterampilan manajemen. Tapi zaman berubah. Kecenderungan saat ini posisi pengawasan diisi oleh para profesional operasi atau teknik dengan kualifikasi pasca-sarjana menengah. Sekarang, hampir semua posisi manajemen senior tambang diisi oleh lulusan dari universitas atau sekolah teknik.

Administrasi dan Pemasaran
Seperti di sebagian besar industri, karyawan Administrasi Perusahaan batubara terlibat langsung dalam produksi batubara. Kelompok administrasi memonitor dan mengelola bisnis sampingan dari industri pertambangan. Akuntan mengawasi pendapatan dan pengeluaran.

Profesional di bidang SDM mengelola kepegawaian. Spesialis keselamatan dan petugas lainnya  memberikan pelatihan dalam prosedur industri. Spesialis hukum, transportasi dan urusan publik juga termasuk dalam kategori ini. Manajer senior dan eksekutif berasal dari berbagai latar belakang profesional, umumnya dari bagian teknik dan akuntansi.

Segmen Pemasaran industri batubara adalah kelompok kecil khusus, dengan tanggung jawab yang sangat besar. Peran mereka adalah untuk mengidentifikasi pelanggan dan negosiasi perjanjian penjualan batubara yang diproduksi oleh perusahaan mereka.

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425