Selasa, 18 Desember 2012

POLA PENJAMINAN DALAM TRANSAKSI



Jaminan berfungsi sebagai ganti rugi atas hal-hal seperti yang disebutkan di atas. Jenis jaminan di luar negeri lembaga jaminan dibagi dua, yaitu:
1.      Lembaga jaminan dengan menguasai bendanya (possessory security)
Ini merupakan suatu lembaga jaminan dimana benda yang dijaminkan berada pada penerima jaminan. Lembaga jaminan ini dibagi lagi menjadi enam macam, yaitu:
·         Pledge or pawn, yaitu benda yang dijadikan jaminan berada di tangan penerima gadai,
·         Lien, yaitu hak untuk menguasai bendanya sampai hutang yang berkaitan dengan benda tersebut di bayar lunas,
·         Mortage with possession, yaitu pembebanan jaminan (hipotek) atas benda bergerak. Lembaga ini belum dikenal di Indonesia,
·         Hire purchase yaitu, perjanjian antara penjual sewa dan pembeli sewa dimana hak atas milik barang tersebut baru beralih setelah pelunasan terakhir,
·         Conditional sale (pembelian bersyarat), yaitu perjanjian jual beli dengan syarat bahwa pemindahan hak atas barang baru terjadi setelah syarat dipenuhi; misalnya harga dibayar lunas, dan
·         Credit sale, ialah jual beli dimana peralihan hak telah terjadi pada saat penyerahan meskipun harga belum dibayar lunas.
2.      Lembaga jaminan dengan tidak menguasai bendanya
Ini merupakan lembaga jaminan dimana benda yang menjadi objek jaminana tidak berada dan tidak dikuasai oleh pihak penerima jaminan. Yang termasuk lembaga jaminan ini adalah:
·         Mortage, yaitu pembebanan atas benda tak bergerak atau sama dengan hipotek,
·         Chattel Mortage, yaitu mortage atas benda-benda bergerak. Umumnya adalah mortage atas kapal terbang dan kapal laut dengan tanpa menguasai bendanya.
·         Fiduciary transfer of ownership, yaitu perpindahan hak milik atas kepercayaan yang dipakai jaminan hutang, dan
·         Leasing, yaitu suatu perjanjian dimana si peminjam (leassee) menyewa barang modal untuk usaha dan jaminan angsuran tertentu.

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425