Kamis, 19 Juni 2014

NAMA FORMASI DI SUMATERA - JAMBI

Berdasarkan peta geologi bersistim Indonesia (P3G) skala 1 : 250.000, daerah penyelidikan termasuk kedalam Lembar Muara Bungo dan Lembar Painan. Geologi daerah ini dapat diuraikan dari umur Termuda sampai yang Tertua adalah sebagai berikut :
Aluvium  (Qa), berumur Holosen. Terdiri dari bongkah, kerakal, kerikil, pasir dan lumpur dengan sisa tumbuhan.
Aluvium Rawa (Qs), berumur Holosen. Terdiri dari lanau, lumpur, lempung dan sisa tumbuhan.
Formasi Bukitpunjung (Qpb), berumur Plistosen. Terdiri dari Breksi gunungapi, tuf dan lava yang bersusunan asam sampai menengah.
Formasi Kasai (QTk), berumur Plio-Plisto. Terdiri dari tuf, batuapung mengandung lapisan tipis lignit dan kayu terkersikkan.
Formasi Muaraenim (Tmpm), berumur Mio-Plio. Terdiri dari batupasir tufan, batulempung tufan pasiran dan batulempung berfosil, bersisipan lignit mengandung kongkresi dan lapisan tipis oksida besi.

Formasi Airbenakat (Tma), berumur Miosen tengah. Terdiri dari batulempung dengan sisipan batupasir halus, batupasir glokonitan, setempat mengandung lignit.
Formasi Gumai (Tmg), berumur Miosen Awal. Terdiri dari serpih dan lempung mengandung lensa batupasir glokonitan dan tuf.
Formasi Talangakar (Tomt), berumur Oligo-Mio. Terdiri dari batupasir, tuf pasiran dan batupasir tufan mengandung lignit dan bersisipan batulempung dan lensa-lensa batugamping.
Formasi Palepat (Pp), berumur Perem. Terdiri dari tufasela dan lava bersusunan basal sampai menengah, berselingan dengan batulanau, batulumpur dan serpih, setempat batutanduk dengan sisipan batugamping dan konglomerat.
Formasi Mengkarang (Pm), berumur Perem. Terdiri dari batulanau dan batulempung berkarbon dengan sisipan batubara, batupasir kuarsa dan tuf.

Batuan beku.
Diabas (pTdb) berumur Kapur
Sienit (Jsy) berumur Jura.
Andesit (pTab) berumur Kapur.
Granit (Jgr) berumur Jura
Diorit (Jdo) berumur Jura.

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425