Selasa, 26 Agustus 2014

MENGAMBIL PERAK DARI LARUTAN NITRAT

Mengambil Perak dari larutan Nitrat

Pada saat anda melakukan proses cukim (Pemurnian Emas), perak dan tembaga akan larut dalam larutan asam nitrat (HNO3) dan meninggalkan endapan emas. Jangan buang larutan nitrat tadi karena terdapat perak yang dapat anda gunakan lagi untuk proses pemurnian berikutnya.

Perak terlarut menjadi perak nitrat (AgNO3) dan dapat di endapkan dengan menggunakan garam dapur atau HCl menjadi perak klorida (AgCl) untuk kemudian di jadikan perak logam dengan proses pertukaran ion:

1. Larutan di tambahkan garam dapur atau HCl secukupnya dan anda akan melihat pembetukan awan putih dalam larutan yang merupakan bentuk dari perak klorida. Biarkan sampai mengendap seluruhnya selama kurang lebih 24jam.

2. Saring endapan dan cuci dengan air bersih. Masukkan endapan ke dalam wadah untuk kita ubah menjadi perak logam.

3. endapan tadi di tambahkan larutan H2SO4 encer (10%) lalu di aduk dengan batang besi atau aluminium. Aduk sebentar lalu diamkan sampai semua endapan berubah warna menjadi coklat kehitaman.

4. setelah berubah warna artinya perak anda sudah bisa di bakar untuk kembali di gunakan untuk memudakan kadar emas yang akan di murnikan.

Sisa larutan nitrat biasanya mengandung tembaga dan tidak baik untuk lingkungan. Masukkan rongsokan besi ke dalam larutan tersebut untuk mengendapkan tembaga lalu encerkan larutan sebelum di buang..

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425