Kamis, 31 Januari 2013

BERBAGAI ISTILAH


• Antrasit
Antrasit adalah jenis batubara yang memiliki kandungan karbon paling tinggi, dan kadar air dan abu paling rendah. Antrasit terbakar perlahan dan menjadikannya sebagai bahan bakar pemanas yang baik untuk rumah.

• Bahan bakar fosil
Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang terbentuk dari sisa-sisa bahan organik. Bahan bakar fosil termasuk diantaranya adalah batubara, minyak, dan gas alam.

• Batubara
Batubara adalah batuan karbon yang dapat terbakar, yang mengandung sejumlah besar karbon. Batubara juga merupakan bahan bakar fosil - zat yang mengandung sisa-sisa tumbuhan dan hewan dan dapat dibakar untuk melepaskan energi. Batubara mengandung unsur-unsur lain seperti hidrogen, oksigen, dan nitrogen, mengandung sejumlah mineral, dan dianggap sebagai mineral organik.

• Bitumen
Bitumen adalah jenis batubara yang mengandung kelembaban yang sangat rendah dan memiliki nilai panas tinggi. Batubara jenis ini digunakan untuk menghasilkan listrik dan memproduksi kokas, residu batubara yang digunakan dalam industri baja. Batubara bitumen merupakan jenis yang paling banyak di Amerika Serikat.

• Btu
Btu adalah singkatan untuk british thermal unit, standar untuk mengukur energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 pound air sebesar 1 derajat Fahrenheit.

• Cerobong
Cerobong adalah pipa tempat gas dan asap dilepaskan dari pembakaran batubara.

Continuous Miner
Sebuah mesin yang besar, pemotong berputar yang masuk ke lapisan batubara dan dengan lengan yang meraup batubara ke conveyor built-in.

Electrostatic precipitator
Electrostatic precipitator adalah perangkat yang memberikan muatan listrik pada debu partikel batubara sehingga mereka dapat ditarik ke pelat kolektor. Electrostatic precipitator membantu mencegah polusi udara.

• Energi tak terbarukan
Energi tak terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari bahan bakar  fosil - batubara, minyak, dan gas alam. Bahan bakar fosil terbatas dalam hal pasokan.

Flue gas desulfurization system
Sistem desulfurisasi gas buangan, atau scrubber, adalah perangkat yang menghilangkan lebih dari 90 persen emisi sulfur dioksida dari proses pembakaran batubara.

Fluidized-bed combustion (FBC)
FBC adalah proses pembakaran batubara dimana batubara dimasukkan di "bed" partikel yang tersuspensi di udara dan bereaksi dengan batubara untuk pembakaran di tungku yang lebih bersih. Pada FBC, batubara dibakar pada suhu yang sedikit lebih rendah, yang membantu mencegah terbentuknya gas nitrogen oksida.

Fly ash
Fly ash mengacu pada partikel halus yang terkandung dalam gas yang dilepaskan ketika batubara dibakar.

• Gambut
Gambut adalah bahan basah, seperti spon yang terbentuk dari tanaman dan pohon setelah mereka mati. Gambut berasal dari tanaman dan pohon-pohon yang mati sekitar 300 juta tahun lalu, terkubur dan dikompresi di bawah permukaan bumi selama jangka waktu yang panjang. Selama jutaan tahun terpapar panas dan tekanan, gambut terkompresi menjadi batubara.

• Gasifikasi Batubara
Gasifikasi batubara adalah proses yang mengubah batubara menjadi gas yang memiliki nilai kalor yang sama seperti gas alam, dan lebih bersih dari pembakaran batubara itu sendiri.

• Generator
Generator adalah mesin yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Igneous
Igneous merupakan salah satu dari tiga jenis batuan. Batuan igneous terbentuk ketika magma, material batuan cair di dalam bumi memaksa keluar ke permukaan dan mendingin.

• Kokas
Kokas adalah zat yang dibuat dengan memanaskan batubara pada suhu yang sangat tinggi. Kokas digunakan dalam industri besi dan baja.

• Lignit
Lignit adalah jenis batubara yang banyak mengandung uap air dan abu, dan dapat pecah dengan mudah. Dari empat jenis batubara, lignit memiliki kandungan karbon dan nilai kalor paling rendah. Disebut juga batubara coklat, lignit digunakan terutama pada pembangkit listrik.

• Magma
Magma adalah material batuan cair dalam bumi. Ketika magma memaksa keluar ke permukaan dan mendingin, terbentuklah batuan igneous.

• Mesin tambangan longwall
Mesin tambang longwall adalah mesin pemotong yang bekerja di sepanjang dinding batubara hingga mencapai 1.000 kaki untuk memotong batubara dan menjatuhkannya ke ban berjalan.

Metamorphic
Metamorphic adalah salah satu dari tiga jenis batuan. Batuan metamorphic adalah batuan yang kandungan mineral dan teksturnya telah berubah karena suhu tinggi, air, dan tekanan.

Overburden 
Overburden adalah material yang disingkirkan dari permukaan bumi untuk mengungkap batubara. Overburden termasuk diantaranya berupa lapisan tanah dan batu.

• Pertambangan bawah tanah
Pertambangan bawah tanah digunakan untuk mengekstrak batubara yang jauh di bawah permukaan atau di lapisan di lereng bukit. Pertambangan ini melibatkan pengeboran dua bukaan yang disebut shaft ke lapisan batubara; satu untuk mengangkut penambang dan peralatan, dan yang lainnya untuk membawa batubara ke permukaan.

• Pertambangan permukaan
Pertambangan permukaan digunakan saat batubara ditemukan di dekat permukaan atau di lereng bukit. Pertambangan ini melibatkan penyingkiran overburden dan menaruh mereka ke pinggir sementara batubara akan diambil.

• Pipa slurry
Pipa slurry adalah pipa untuk mengangkut batubara yang telah digiling menjadi bubuk dan dicampur dengan air.

• Reklamasi Lahan 
Reklamasi lahan adalah proses untuk melindungi, memulihkan, dan bahkan mungkin meningkatkan keadaan tanah sebelum, selama, dan setelah penambangan permukaan. Setelah batubara diambil dari komposisi di lahan tambang permukaan, tanah kemudian dikembalikan, di-treatment, dan ditanam kembali. Pada akhirnya, ini berarti bahwa tanah tersebut dilestarikan, alam dilindungi, air dan tanah dijaga, dan tanah dapat berubah menjadi lahan pertanian produktif, hutan, dan danau.

•Sedimen 
Sedimen adalah salah satu dari tiga jenis batuan. Batuan sedimen terbentuk dari fragmentasi mineral oleh angin, air, atau gletser.

• Sistem combined-cycle
Dalam sistem combined-cycle, gas dari pemanasan batubara menggerakkan turbin yang terhubung ke generator, dan gas buang dari turbin ini memanaskan air panas yang, pada gilirannya, mengoperasikan generator bertenaga uap.

• Sludge
Sludge adalah limbah berlumpur yang dihasilkan selama proses untuk menghilangkan belerang dari batubara.

Slurry/bubur batubara
Slurry adalah batubara yang digiling menjadi bubuk dan dicampur dengan air. Dalam bentuk ini, batubara dapat dipompa melalui pipa.

• Subbitumen
Subbitumen adalah jenis batubara yang hitam kusam dan memiliki kelembaban lebih rendah dari lignit. Subbitumen umumnya digunakan untuk menghasilkan uap di pembangkit listrik.

• Teknologi Batubara Bersih (CCT, Clean Coal Technology)
Program CCT mengacu pada sejumlah teknologi maju yang menghasilkan proses pembakaran batubara menjadi lebih bersih dengan membuang polutan seperti belerang, nitrogen, dan fly ash yang dapat mencemari udara dan air.

• Turbin
Turbin adalah sebuah mesin yang berputar, mengubah energi panas dari pembakaran batubara menjadi energi mekanik.

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425