Rabu, 30 Januari 2013

UNTUNG RUGI PAKAI BATUBARA

Batubara merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi umat manusia, yang menyediakan cara mudah untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar dan relatif murah.

Keberlimpahan dan biaya yang rendah dalam menggunakan Batubara telah membuatnya menjadi pilihan bahan bakar utama untuk membangun pembangkit listrik di dunia.

Batubara sangat penting sebagai sumber energi dan merupakan bahan baku yang paling penting bagi industri semen dan baja. Batubara juga digunakan dalam berbagai industri lain seperti kertas, aluminium, kimia, transportasi dan farmasi. Meskipun begitu, batubara juga memiliki konsekuensi negatif yang sangat besar karena merupakan sumber terbesar bagi emisi karbon yang terjadi selama pertambangan dan pembakaran batubara.

Meskipun telah berpengalaman selama dua ratus tahun, penambangan batubara tetap berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian seperti di India dan China. Merkuri, Arsenik dan polusi zat-zat berbahaya lainnya ke lingkungan juga menyebabkan penyakit dan kematian. Namun bagi negara-negara seperti India dan China hanya ada sedikit alternatif lain untuk mengubah kebijakan energi mereka. Sehingga pendukung penggunaan batubara di saat ini masih lebih kuat dibandingkan orang-orang yang menentangnya. Hal ini terjadi karena, meskipun batubara merupakan bentuk energi paling kotor dan menyebabkan banyak kematian global, alasan utama adalah karena batubara itu murah. Ongkos sosial batubara tidak ditambahkan secara eksplisit pada harga batubara sehingga membuatnya tampak murah.

Kelebihan dari Batubara
1) Keberlimpahan - Batubara hampir ada secara universal, dapat ditemukan di setiap benua di lebih dari 70 negara, dengan cadangan terbesar di Amerika Serikat, Rusia, China dan India.

2) Sumber Energi yang Handal - Energi Berbasis batubara dapat dihasilkan hampir 24 × 7 jam, tidak seperti bentuk energi terbarukan seperti angin dan matahari yang bersifat intermiten di alam.

3) Modal Investasi Rendah - Modal investasi yang dibutuhkan untuk pembangkit berbasis batubara relatif rendah,  $ 1-2/watt pada kapasitas termal. Sebagai catatan energi angin sedikit lebih tinggi, sedangkan energi surya bahkan lebih tinggi lagi. Pertambangan batubara juga cukup murah untuk dibangun dan pertambangan terbuka menyediakan batubara pada harga yang sangat rendah.

4) Biaya rendah - Batubara merupakan salah satu bentuk energi termurah sehingga menjadi pilihan di negara-negara berkembang seperti India dan China. Di India ada kemungkinan untuk mendapatkan batubara murah hanya $ 20/ton, sementara harga internasional dari berbagai jenis batubara di rentang $ 100/ton. Sebagai catatan listrik berbasis batubara dapat diproduksi di 2-4c/KwH, menjadikannya sebagai sumber listrik termurah.

5) Faktor Beban Tinggi - Pembangkit listrik batubara memiliki faktor beban yang sangat tinggi, lebih dari 80%. Mereka dapat menghasilkan daya listrik hampir 24/7 dan hanya membutuhkan shutdown untuk perawatan secara periodik. Pembangkit berbasis batubara yang telah terlalu tua atau telah ditutup karena masalah lingkungan masih dapat digunakan sebagai penghasil daya cadangan.

6) Potensi yang besar dibandingkan dengan Minyak - Batubara  memiliki potensi energi yang cukup besar dibandingkan dengan bahan bakar lain seperti minyak dan gas. Cadangan batubara global diperkirakan sekitar 1 triliun ton yang berarti batubara dapat dikonsumsi pada tingkat penggunaan saat ini selama 200 tahun.

7) Berbasis Industri Besar - Energi batubara telah hadir sejak awal revolusi industri dengan perkembangan mesin uap berbasis batubara. Teknologi dan industrialisasi pada insustri dan pembangkit listrik sudah dikembangkan dengan baik dan matang. Hal ini memungkinkan penyebaran pembangkit batubara secara cepat di banyak lokasi di dunia.

8 Batubara ke Cairan dan Batubara ke Gas - Batubara sekarang dipandang sebagai sumber bahan bakar transportasi karena minyak menjadi semakin langka dan mahal. Fasilitas batubara cair sedang dibangun di India dan Cina meskipun teknologinya belum cukup matang dan penggunaan teknologi ini masih dipertanyakan karena alasan lingkungan.

Kekurangan dari Batubara
1) Emisi Gas Rumah Kaca - Salah satu kekurangan terbesar energi batubara adalah karena batubara melepaskan karbon dioksida yang telah diasingkan selama jutaan tahun di bawah tanah. Penggunaan batubara mentransfer karbon dari bumi ke lingkungan yang mengarah ke efek pemanasan global. Perjanjian Global telah gagal dalam membebankan biaya untuk masalah ini, meskipun masing-masing negara berusaha mengatasinya dengan pajak dan perdagangan karbon.

2) Kematian di Pertambangan Batubara - Pertambangan batubara telah mengakibatkan ribuan kematian setiap tahun sejak manusia menemukan batubara. Sebagai catatan, kematian akibat pertambangan batubara terjadi tidak hanya di negara-negara yang tidak memiliki peraturan keselamatan yang baik seperti China, tetapi juga di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Selandia Baru .

3) Kerusakan Alam dan Pemandangan di Dekat Tambang Batubara - Pertambangan batubara terbuka telah mengakibatkan kerusakan habitat dan pemandangan. Pertambangan tersebut menyebabkan penggundulan pohon, dan polusi udara dan air di daerah sekitar tambang. Kebakaran tambang bisa terjadi selama ratusan tahun di bawah tanah yang membahayakan kehidupan di daerah-daerah sekitar.

4) Pemindahan Manusia karena Kehancuran Daerah Pertambangan - Di Bengal Barat, India, orang-orang terpaksa mengungsi dalam jumlah besar karena terjadi lekukan di daerah permukaan akibat penambangan batubara bawah tanah, yang telah menciptakan tempat-tempat yang tidak aman dengan tanpa tanda peringatan.

5) Emisi dari Bahan Berbahaya seperti Sulfur Dioksida, Karbon Monoksida, Merkuri, Selenium, Arsenik, dan Hujan Asam - Pembangkit termal memancarkan zat berbahaya seperti merkuri dan sulfur dioksida yang menyebabkan bahaya kesehatan di kalangan penduduk sekitar dan hujan asam. Meskipun peralatan modern telah mengurangi emisi dari zat-zat berbahaya ini, polutan tersebut masih sangat berbahaya bagi manusia.

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425