Kamis, 10 Januari 2013

FILM TAMBANG


 THE MOLLY MAGUIRES

Pertambangan batubara di wilayah Pennsylvania, Philladelphia, Amerika Serikat, dihantui teror bom. Pelaku pemboman pertambangan ini adalah 4 orang yang tergabung ke dalam Molly Maguires, kelompok ekstrim kiri yang bersumber dari negara Irlandia. Polisi belum pernah berhasil mengungkap dan menangkap pelaku, karena belum cukup bukti. Polisi pun mengutus seorang mata-mata untuk ke sekian kalinya, kali ini diutus mata-mata yang cukup berpengalaman, yaitu James McParlan yang kemudian berganti nama menjadi James McKenna. McKenna mulai bekerja dengan mendatangi pertambangan sendiri, dengan tas besar ditenteng layaknya seperti pencari kerja biasa, untuk bekerja kasar di tambang batubara itu. McKenna mendatangi sebuah bar dimana banyak penambang yang sedang melalui malamnya dengan minum dan main kartu. Di sana ia berkelahi dengan Frezier, anak buah Jack Kehoe yang merupakan pemimpin Molly Maguires, kelompok Irlandia yang suka membom goa-goa pertambangan batubara dan juga membom kereta-kereta pengangkut batubara.
McKenna pura-pura dipenjara oleh polisi setelah menang berkelahi dengan Frezier, dan di kantor polisi McKenna diberi pengarahan oleh ketua polisi dalam melakukan investigasi kasus pemboman Molly Maguires. Mc Kenna menginap di rumahnya Dan Raines yang sudah tua, Dan memiliki anak perempuan dewasa bernama Mary Raines. Karena sering bertemu, McKenna dan Mary saling jatuh cinta, tapi Mary tidak menunjukan kalau ia sebenarnya jatuh hati kepada McKenna. Tiap pukul 5 pagi, Mckenna berangkat kerja di pertambangan, dengan dibekali sebotol air teh dan beberapa potong roti, pelayanan ekstra dari Mary raines yang harus dibayar oleh McKenna. Kehoe curiga atas kedatangan McKenna, ditakutkan kalau McKenna adalah mata-mata Polisi. McKenna menjelaskan kepada Kehoe, siapa dan darimana ia berasal. Kehoe tidak percaya begitu saja, namun sikap McKenna begitu lihai menyembunyikan kebenaran bahwa ia adalah mata-mata Polisi, McKenna pun berhasil mengelabui Jack Kehoe.
McKenna kemudian pura-pura masuk ke dalam kelompok Molly Maguires, dengan disumpah atas nama Yesus yang disaksikan oleh 4 anggota lainnya, yaitu Jack Kehoe sebagai pemimpin, Frezier, Frank McAndrew dan Dogherty. Frezier memberikan penjelasan kepada Mckenna tentang aturan-aturan yang sangat ketat mengenai Molly Maguires, ini agar mencegah terjadinya kebocoran kepada penambang lainnya dan terutama kepada Polisi. Kemudian dilanjutkan dengan pesta minum bir sampai larut malam. Mary yang kemudian mengetahui McKenna gabung dengan Molly Maguires, kecewa, karena harapannya McKenna jangan sampai ikut kelompok garis keras yang sering menghantui pertambangan. Hanya Dan dan Mary saja yang mengetahui bahwa Jack Kehoe dkk lah yang merupakan dalang pemboman di pertambangan. Tapi ketua polisi yang berteman dekat dengan McKenna juga tahu bahwa Kehoe adalah pelakunya, namun belum punya cukup bukti, untuk itu ketua polisi minta McKenna supaya cepat menggiring mereka ke perangkap polisi. Pemboman demi pemboman dilakukan Molly Maguires, namun McKenna belum dapat menggiring mereka kepada perangkap, karena belum ada korban meninggal, hanya kereta yang rusak dan batubara yang berantakan.
Dan Raines yang sakit-sakitan, akhirnya meninggal. Meninggalnya Dan membuat Kehoe emosi, karena selama ini dan adalah sosok yang dihormati oleh Kehoe. Kehoe pun kemudian merencanakan pemboman besar, di pusat pertambangan. Polisi mengetahui hal tersebut kemudian dari McKenna. Di hari yang telah ditentukan, mereka pergi untuk membom pusat tambang. Polisi sudah menanti mereka. Keteledoran dilakukan mereka, karena membunuh seorang polisi. Hal itu akan membuat mereka dihukum gantung. Kehoe dan McAndrew masuk ke pintu dimana bom di tempat itu bom akan diledakkan, namun tak disangka sejumlah polisi sudah menanti. Mereka pun ditangkap. McKenna berhasil membawa mereka ke dalam perangkap. Mereka pun dihukum gantung karena telah membunuh seorang polisi, kalau tidak membunuh polisi belum tentu sebenarnya mereka akan digantung. McKenna kemudian dialih tugaskan ke Denver, Colorado, dan jabatannya naik. Mary Raines menolak ajakan McKenna untuk keluar dari wilayah tambang, Mary ingin hidup di pertambangan, dan merasa bersalah jika ikut McKenna, mengingat Kehoe yang dikelabui McKenna, memiliki persaudaraan yang kuat dengan keluarga Raines.
CAST : SEAN CONNERY, RICHARD HARRIS, SAMANTHA EDGAR, dan lain-lain.
Film dibuat tahun 1970, dengan disutradarai oleh Martin Ritt

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425