Selasa, 23 September 2014

EMAS DAN MISTERINYA

Logam Mulia Merupakan Hasil dari Ledakan Meteorit,  Analis2 Batu Menemukannya



Sep. 9, 2011 

Analisis yang sangat teliti dari beberapa sampel batuan tertua di Bumi oleh para peneliti di University of Bristol memberikan bukti nyata bahwa cadangan2 logam mulia planet yang dapat diakses ini adalah hasil dari suatu ledakan meteorit lebih dari 200 juta tahun setelah Bumi terbentuk.

Penelitian ini diterbitkan di Nature.

Selama pembentukan Bumi, besi yang meleleh tenggelam ke pusatnya untuk membuat inti bumi. Proses ini membawa sebagian besar logam2 mulia planet ini – seperti emas dan platina. Nyatanya, ada cukup banyak logam2 mulia di inti bumi untuk menutupi seluruh pemukaan Bumi dengan lapisan yang tebalnya empat meter. 

Pemindahan emas ke inti bumi seharusnya meninggalkan porsi bagian terluar dari bumi kehilangan perhiasan2 yang mencolok (bling). Namun, logam2 mulia adalah puluhan sampai ribuan kali lebih banyak di dalam mantel silikat bumi dari yang diperkirakan. Sebelumnya ini diperdebatkan bahwa kebetulan tersebut dimana banyaknya jumlah yang ada merupakan hasil dari kataklismik hujan meteor yang menabrak bumi setelah inti bumi terbentuk. Muatan yang penuh emas dari meteorit kemudian bertambah dengan sendirinya ke mantel dan tidak hilang ke bagian dalam bumi. 
Untuk mengetes teori tersebut Dr Matthias Willboard dan Prof Tim Elliot dari the Bristol Isotope Group di School of Earth Sciences menganalisi batuan2 dari Greenland yang berumur hampir 4 milyar tahun, yang dikumpulkan oleh Professor Stephen Moorbath dari University of Oxford. Batuan2 tua tersebut memrikanb sebuah jendela yang unik ke komposisi planet kita secara singkat setelah formasi inti bumi tetapi sebelum ledakan meteorit terjadi.

Para peneliti menetapkan adanya komposisi isotopik tungsten atas batuan2 tersebut. Tungsten (W) adalah sebuah bahan yang sangat langka (satu gram batunya mengandung sepersepuluh juta dari satu gram Tungsten) dan, seperti emas dan logam mulia lainnya, seharusnya memasuki intinya ketika terbentuk. Seperti sebagian besar elemen2, tungsten terbentuk oleh beberapa isotop, atom dengan karakteristik kimia yang sama tetapi massa yang sedikit berbeda. Isotop2 memberikan sidik jari yang kuat terhadap asal usul materiil dan penambahan meteorit ke bumi akan meninggalkan sebuah tanda diagnostik pada komposisi isotop W nya.

Dr Willbold telah mengobservasi suatu penurunan 15 bagian per juta di kelimpahan relatif dari isotop 182W antara batuan2 Greenland dan zaman modern. Perubahan kecil tapi signifikan ini telah menunjukkan kesesuaian yang sangat baik dengan yang diperlukan untuk menjelaskan atas kelebihan emas yang mudah diakses di Bumi itu sebagai produk sampingan dari bombardir meteorit yang beruntung.

Dr Willbold berkata: “Mengekstrak tungsten dari sampel2 batuan dan menganalisis komposisi isotopiknya sampai ke presisi yang diperlukan adalah sangat menuntut mengingat jumlahnya kecil tungsten yang ada di batuan. Pada kenyataannya, kami adalah laboratorium pertama di dunia yang berhasil membuat pengukuran2 bermutu tinggi seperti ini.”

Tumbukan meteorit2 ini diaduk ke dalam mantel bumi oleh proses2 konveksi raksasa. Sebuah target yang menggiurkan untuk pekerjaan di masa depan adalah untuk mempelajari berapa lama proses ini berlangsung. Setelah itu, proses2 geologi membentuk benua2 dan mengkonsentrasikan logam2 mulia (dan tungsten) ke cadangan2 ore yang ditambang hari ini.

Dr Willbold melanjutkan: "Pekerjaan kami menunjukkan bahwa sebagian besar logam mulia di mana ekonomi kita dan banyak proses2 industri kunci ini didasarkan telah ditambahkan ke planet kita dengan kebetulan yang beruntung ketika Bumi ditabrak oleh sekitar 20 miliar miliar ton bahan asteroidal."
Penelitian ini didanai oleh Natural Environment Research Council (NERC), the Science and Technology Facilities Council (STFC) dan the Deutsche Forschungsgemeinschaft (DFG).

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425