Sabtu, 30 Agustus 2014

SEJARAH PETA

Sebuah peta adalah representasi atau model skala grafis konsep spasial. Ini adalah sarana untuk menyampaikan informasi geografis. Peta adalah media universal untuk komunikasi, mudah dipahami dan diapresiasi oleh kebanyakan orang, terlepas dari bahasa atau budaya. Tergabung dalam peta adalah pemahaman bahwa itu adalah "gambaran" dari sebuah ide, gambar tunggal, pilihan konsep dari sebuah basis data yang terus berubah dari informasi geografis (Merriam 1996).

Peta lama memberikan banyak informasi tentang apa yang dikenal di masa lalu, serta filosofi dan dasar budaya peta, yang sering jauh lebih berbeda dari kartografi modern. Peta juga merupakan salah satu sarana dimana para ilmuwan menyalurkan ide-ide mereka dan meneruskannya kepada generasi mendatang (Merriam 1996).

Awal Peta

Manusia telah lama mengakui pentingnya dan nilai dari peta bagi kehidupan mereka. Memang, sejarah pemetaan dapat ditelusuri lebih dari 5.000 tahun yang lalu.
Tablet ini (sekitar 600BC), yang dalam koleksi British Museum
Kartografi adalah seni dan ilmu membuat peta. Peta-peta tertua yang diketahui dipelihara pada tablet tanah liat Babilonia sekitar 2300 SM Kartografi itu cukup maju di Yunani kuno. Konsep Bumi bulat itu terkenal di kalangan filsuf Yunani pada saat Aristoteles (ca. 350 SM) dan telah diterima oleh semua ahli geografi.

Kartografi Yunani dan Romawi mencapai puncak bersama Claudius Ptolemaeus (Ptolemy, sekitar tahun 85-165). Nya "peta dunia" digambarkan pada Dunia Lama dari sekitar 60 ° N sampai 30 ° S garis lintang. Dia menulis sebuah karya monumental, Panduan untuk Geografi (Geographike hyphygesis), yang tetap menjadi referensi otoritatif di geografi dunia hingga Renaissance.

Ini adalah sebuah keterangan singkat dari urutan dalam pengembangan ilmu pembuatan peta. Ini menyangkut beberapa perkembangan yang signifikan dan orang yang terlibat didalamnya. Pada dasarnya ini adalah pandangan orang Eropa dan perlu ditekankan bahwa pembangunan ini tidak merata di seluruh bumi. Memang, banyak teknik bergambar yang dikembangkan sejak awal dibuat dan masih digunakan sampai hari ini.


Peta pada dasarnya digunakan:
  • untuk pembuat peta, merekam lokasi tempat-tempat menarik
  • untuk orang lain, adalah sumber belajar tentang geografi daerah yang sedang dipetakan
Dibandingkan dengan peta modern, peta awal:
  • digambarkan tentang daerah kecil (sebuah kota, rute perdagangan, tempat berburu, kampanye militer dll)
  • bergambar di alam - karena itu terlihat mentah dibandingkan dengan peta modern; namun mampu menunjukkan fitur bahwa pembuat peta berkeinginan untuk merekam sebagi catatan.
  • telah ada aturan yang berkaitan dengan bagaimana peta berorientasi - peta yang modern biasanya memiliki utara di bagian atas
  • hubungan antara fitur pada peta dan realitas di bumi sering tidak akurat - misalnya banyak detail tentang fitur di tengah peta, bersama semakin kurang ke arah tepi
  • dalam banyak hal itu merupakan karya seni pertama dan dokumen referensi kedua; sebagian alasan untuk dibuat dengan tangan, yang berharga mahal untuk membuatnya dan memiliki simbol status sosial  bagi pemilikinya
Beberapa contoh pemetaan yang terjadi sebelum terciptanya agama kristus:
  • Sketsa relatif sederhana pada tablet tanah liat oleh Babel (lihat contoh di atas)
  • Pekerjaan yang luas oleh orang Mesir untuk dokumentasi dan catatan batas kekayaan
  • Peta yang halus pada sutra dari Cina

Ptolemy

Ptolemy peta dunia yang diproduksi pada 1482
Orang-orang Yunani dan Romawi terus menyempurnakan seni pembuatan peta, yang berpuncak dengan karya Claudius Ptolemaeus (Ptolemy dalam bahasa Inggris). Ptolemy adalah seorang ahli geografi, matematika dan astronom yang tinggal di Romawi Mesir. Pada sekitar 150 AD ia terkenal menerbitkan sebuah risalah ilmiah berjudul Geographia (dalam bahasa Inggris Geografi).

Ini berisi ribuan referensi dan peta berbagai belahan dunia - bersama bujur dan lintang garis. Sistem ini merevolusi pemikiran geografis Eropa, dengan memberlakukan aturan matematis untuk komposisi peta. Karya Ptolemy terus menjadi penting bagi para sarjana Eropa dan Islam baik ke masa Renaissance (1500-an).

Peta Renaissance

Penemuan percetakan membuat peta lebih banyak tersedia dimulai pada abad ke-15. Peta itu pada awalnya dicetak menggunakan ukiran balok kayu. Di antara para pembuat peta yang paling penting dari periode ini adalah Sebastian Münster di Basel (sekarang Swiss). Geographia-nya, yang diterbitkan pada tahun 1540, menjadi standar global baru untuk peta dunia.

Percetakan dengan pelat tembaga terukir muncul pada abad ke-16 dan terus menjadi standar hingga teknik fotografi dikembangkan. Kemajuan besar dalam kartografi terjadi selama Zaman Eksplorasi di abad 15 dan 16. Pembuat Peta merespon dengan grafik navigasi, yang digambarkan garis pantai, pulau-pulau, sungai, pelabuhan, dan fitur tujuan berlayar. Garis kompas dan alat bantu navigasi lainnya termasuk, baru dibuat proyeksi peta dan bola dunia dibangun. Peta dan bola dunia tersebut diselenggarakan menjadi nilai besar ekonomi, militer, dan tujuan diplomatik, dan begitu sering diperlakukan sebagai rahasia nasional atau komersial - peta rahasia atau kepemilikan.

Peta pertama seluruh dunia mulai muncul pada awal abad ke-16, setelah pelayaran oleh Columbus dan yang lainnya ke Dunia Baru. Peta pertama dunia sejatinya dikreditkan ke Martin Waldseemüller di tahun 1507. peta ini memanfaatkan proyeksi Ptolemaic yang diperluas dan merupakan peta pertama yang menggunakan nama Amerika untuk Dunia Baru 

Gerardus Mercator of Flanders (Belgia) adalah kartografer terkemuka dari abad pertengahan ke-16. Ia mengembangkan proyeksi silinder yang masih banyak digunakan untuk grafik navigasi dan peta global. Ia menerbitkan peta dunia pada 1569 berdasarkan proyeksi ini. Banyak proyeksi peta lainnya segera dikembangkan.

Abad Pengahan


Emporia State University, Brief History of Maps and Cartography
Al-Idrisi peta dunia, dihasilkan 1154.
Di Eropa selama periode ini ada sedikit kemajuan dalam meningkatkan ilmu pemetaan dan geografi. Seperti peta sebagian besar diproduksi di dalam biara, semangat keagamaan cenderung mendominasi pemetaan. Salah satu perkembangan yang menarik adalah penerapan prinsip memiliki Yerusalem di tengah peta 'dunia' dan Timur (Asia) di bagian atas peta. Juga, antara lain sebagai pernyataan religius, tapi juga untuk alasan artistik, peta yang digambar saat ini juga sangat didekorasi. Hiasan sering dimasukkan seperti gambar malaikat dan monster imajiner.

Di dunia Islam studi ilmu pemetaan dan geografi terdapat kemajuan. Sebuah contoh yang sangat baik ini adalah karya Al-Idrisi, seorang sarjana Arab di istana Raja Roger II dari Sisilia. Pada periode sekitar 1154 ia menghasilkan sejumlah 'dunia' yang luar biasa dan buku peta geografis. Yang pertama dari buku-buku ini memiliki judul  "The Amusement of him who desires to traverse the Earth". Hal ini diyakini bahwa pengaruh karya Al-Idrisi ini telah jauh menjangkau dengan beberapa generasi pembuat peta dari Islam yang menggunakan desain sebagai dasar peta mereka.

Setelah Abad Pertengahan

Di Eropa, masa Renaissance membawa sejumlah perubahan signifikan yang sangat mempengaruhi pemetaan:
  • penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg di 1440 berarti bahwa biara-biara (yaitu perintah agama) tidak lagi didominasi produksi peta
  • penemuan Amerika dan kontak diperluas dengan Orient menghasilkan kepentingan yang lebih besar di tempat yang jauh dan migrasi
  • pertumbuhan penerbit utama yaitu menghasilkan peta yang dapat diakses oleh semua - bukan hanya elit kaya
  • pertumbuhan pembelajaran publik, membawa haus akan pengetahuan - ini dibantu oleh pembentukan lembaga seperti Perancis Academy of Science, yang didirikan pada tahun 1666 untuk mendorong penelitian ilmiah - termasuk peningkatan pemetaan dan navigasi Pembuatan Grafik 
Semua ini menyebabkan ekspansi besar-besaran dalam pengetahuan geografi dan pemetaan. Peta Sebelumnya pada periode ini cenderung peta 'hitam-putih' sederhana yang menunjukkan garis pantai, batas negara, gunung, sungai, nama tempat dll Dalam banyak kasus ini kemudian 'dilukis tangan' untuk menambahkan beberapa warna produk jadi .

Pada akhir 1700-an peta yang menunjukkan tema mulai muncul. Ini digunakan untuk merekam penyebaran sebuah 'peristiwa' tertentu - misalnya, lokasi orang-orang yang memiliki penyakit menular atau luasnya banjir.

Selama berabad-abad peta menjadi lebih kompleks dan lebih akurat - terutama karena pemahaman tentang bumi, matematika dan geografi telah diperluas.

Era Modern

Land Information New Zealand, Asia - South-East, Pacific, South-West
Ini adalah peta yang diterbitkan pada tahun 2000-an. Secara khusus, Ini menggabungkan fitur yang memetakan selama berabad-abad.
Peta menjadi semakin akurat dan faktual selama abad 17, 18 dan abad ke-19 dengan penerapan metode ilmiah. Banyak negara melakukan program pemetaan nasional. Meskipun demikian, sampai meluasnya penggunaan foto udara setelah Perang Dunia I. kartografi modern didasarkan pada kombinasi pengamatan tanah dan penginderaan jarak jauh.

Menggunakan sistem satelit modern dan teknik survei, kartografer kontemporer kini dapat mengukur dan memetakan dengan presisi yang sangat tinggi dan konsistensi. Akibatnya, peta telah menjadi sangat penting untuk sebagian besar bidang usaha manusia.
Peta Kerajaan Denmark
Peta Kerajaan Denmark, 1629, berdasarkan Janssonius. Tingkat akurasi geografis yang tinggi ditunjukkan bersama dengan ilustrasi marjinal yang meningkatkan peta.

Geographic information systems (GIS) muncul pada periode 1970-80an. GIS merupakan perubahan besar dalam paradigma kartografi. Untuk GIS, database, analisis, dan menampilkan secara fisik dan konseptual aspek terpisah dari penanganan data geografis. Sistem Informasi Geografis terdiri perangkat keras komputer, perangkat lunak, data digital, individu, organisasi, dan lembaga untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menampilkan informasi georeferensi mengenai bumi (Nyerges 1993).

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425