Jumat, 11 April 2014

HARGA BATUBARA ACUAN TAHUN 2014

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan harga batubara acuan (HBA) sebesar US$74,81 per ton pada periode April 2014. HBA ini lebih rendah dibandingkan periode Maret sebesar US$ 77,01 per ton dan periode Februari kemarin sebesar US$ 80,44 per ton.
Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Supriatna Suhala mengatakan turunnya harga batubara disebabkan oleh berlimpahnya pasokan batubara di pasar internasional. Dia menyebut tren harga komoditas ini akan terus menurun. 
"Penyebabnya over suplai yang membuat harga turun terus. Artinya harga saat ini belum menyentuh dasar, masih terus turun," kata Supriatna di Jakarta, Kamis (10/04).
Supriatna menuturkan over suplai antara lain disebabkan oleh adanya tambahan 100 juta ton per tahun dari angka ekspor Amerika Serikat ke kawasan Asia. Pasalnya negeri Paman Sam tersebut tengah mengembangkan shale gas sehingga total jumlah ekspor batubara mencapai 200 juta ton pada tahun ini. Selain itu, Tiongkok mengurangi impor batubara mencapai 200 juta ton setahun lantaran produksi dalam negeri digunakan untuk memperbaiki infrastruktur.
Dikatakannya, kenaikan harga batubara ini juga disebabkan oleh meningkatnya produksi batubara nasional. Dia memperkirakan produksi batubara hingga kuartal pertama tahun ini lebih dari 100 juta ton. "Kami belum punya data yang konkrit. Tapi diperkirakan angka produksi hingga kuartal pertama ini diatas 100 juta ton," ujarnya.
Menurut Supriatna, tidak ada yang bisa dilakukan untuk membendung tren penurunan harga batubara. Pasalnya komoditas ini termasuk dalam ketegori komiditi bebas, tidak ada regulasi maupun kartel yang mengaturnya. Artiannya penaikan dan penurunan harga sepenuhnya tergantung dari kondisi pasar. Supriatna menyebut tidak adanya badan pengatur produsen batubara, seperti komoditas minyak yang memiliki OPEC, membuat upaya menekan angka produksi sulit dilakukan.
"Kalau kita kurangi produksi, malah diambil oleh negara lain," pungkasnya

0 komentar:

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

BRO COAL PROJECT

GEG

GEG

GP

CARBON COUNTER

ENERGY NEWS

NEWS

COAL PROJECT

AREA TAKE OVER

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Perlu Info Kontak Kami di Email kami:mars4302@yahoo.co.id Hp 082380937425